Senin, 12 Oktober 2015

Kelebihan dan Kekurangan VM (Virtual Machine)


Tugas Sistem Operasi

Kelebihan dan Kekurangan VM (Virtual Machine)
 

Sedikit sejarah tentang mesin virtual atau virtual machine.
Mesin virtual pada mulanya didefinisikan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974 sebagai sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli. Pada masa sekarang ini, mesin-mesin virtual dapat mensimulasikan perangkat keras walaupun tidak ada perangkat keras aslinya sama sekali. 
Mesin virtual atau dalam Bahasa Inggris: virtual machine, disingkat vm. dalam ilmu komputer adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli.

   Ada Beberapa software Vitrual Machine:
  • VMware, 
  •   Microsoft Virtual PC , 
  •  Virtual Box dari Oracle 

*   Keunggulan dan Kekurangan Virtual Machine

ü Kelebihan Virtual Machine (VM).

         I.            Hal Keamanan
             VM memiliki  perlindungan yang  lengkap pada berbagai sistem  sumber   daya,   yaitu   dengan  meniadakan   pembagian   sumber   daya secara  langsung,  sehingga  tidak ada masalah proteksi  dalam VM.  Sistem VM adalah kendaraan yang sempurna untuk penelitian dan pengembangan sistem operasi. Dengan VM, jika terdapat suatu perubahan pada satu bagian dari mesin, maka dijamin tidak akan mengubah komponen lainnya.

      II.            Memungkinkan   untuk  mendefinisikan   suatu   jaringan   dari   Virtual Machine  (VM).
Tiap - tiap   bagian  mengirim  informasi  melalui   jaringan komunikasi  virtual.  Sekali   lagi,   jaringan  dimodelkan   setelah komunikasi fisik jaringan diimplementasikan pada perangkat lunak.

ü Kekurangan Virtual Machine. 
Beberapa kesulitan utama dari konsep VM, diantaranya adalah:
       I.            Sistem penyimpanan.
Sebagai contoh kesulitan dalam sistem penyimpanan adalah sebagai  berikut:   Andaikan kita mempunyai suatu mesin yang memiliki  3  disk drive  namun  ingin mendukung 7 VM .   Keadaan ini jelas tidak memungkinkan bagi kita untuk dapat mengalokasikan setiap disk drive untuk  tiap VM,  karena perangkat   lunak untuk mesin virtual   sendiri  akan membutuhkan ruang disk   secara   substansial  untuk menyediakan memori virtual dan spooling.  Solusinya   adalah dengan menyediakan disk  virtual atau yang dikenal pula dengan minidisk, dimana  ukuran daya penyimpanannya identik dengan ukuran   sebenarnya.   Dengan   demikian, pendekatan VM juga menyediakan sebuah antarmuka yang identik dengan perangkat keras yang mendasari. 
 
    II.            Pengimplementasian sulit.
               Meski konsep VM cukup baik, namun VM sulit diimplementasikan.
T
 Terimakasih semoga Bermanfaat ;D

Daftar Pustaka
·         Wikipedia.”Virtual Manchine ”.  https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_virtual#Jenis-jenis_virtual_machine. Diakses pada tanggal,12  Oktober 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar